Minggu, 07 Agustus 2011

Tutorurial Monitoring Traffic Jaringan Menggunakan CACTI Pada Ubuntu 10.10


Sebelum memonitoring traffic jaringan menggunakan CACTI ada baiknya mengetahui apa iti CACTI dan bagaimana cara menginstall CACTI pada Ubuntu 10.10
Cacti merupakan suatu monitoring suatu jaringan local.
Cacti adalah aplikasi frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database MySQL dan membuat grafik berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan grafik dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Secara sekilas, cacti mempunyai tampilan grafik yang sama dengan MTRG, namun cacti mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan MRTG seperti adanya template untuk grafik, zoom grafik dan lain sebagainya.
Cacti dapat digunakan untuk menyimpan graph, data sources, dan round robin archives ke dalam sebuah database. Aplikasi ini juga mendukung protocol SNMP, sehingga dapat digunakan untuk membuat traffic graph menggunakan MRTG.
Berikut adalah langkah-langkah menginstall CACTI:
1.       Masuklah pada  terminal ubuntu karena  semua proses penginstallan akan dilakukan disana.
2.       Setelah masuk pada terminal pastikan bahwa apache2 telah terinstall, jika belum maka lakukan perintah install apache2
# apt-get install apache2
3.       Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menginstall apache2, setelah apache 2 terinstall , installah software CACTI
#apt-get install cacti
4.       Setelah CACTI terinstall pada computer kita maka akan muncul tampilan seperi gambar  berikut dan masukkan password:  cacti
5.       Setelah itu akan muncul tampilan yang hampir serupa dan kembali masukkan password: cacti
6.       Selanjutnya muncul tampilan seperti berikut dan pilih apache 2
 
7.       Akan muncul tampilan berikutnya dan pilih yes
8.      Masukkan password lagi untuk database dari administrative user,yaitu admin
dan setelah itu masukkan password dari aplikasi MySQL untuk Cacti yaitu cacti seperti gambar berikut:
9.       Masukkan kembali password konfirmasinya dan saatnya untuk konfigurasi CACTI
10.       Ketikan pada alamat browser
http://localhost/cacti/ atau http://172.16.30.35/cacti dan akanmuncul tampilan seperti berikut  dan pilih NEXT untuk setiap tampilan sampai FINISH
  
11.       Pada langkah ini pastikan tidak ada peringatan error, terutama pada penentuan path di setiap paket yang terkait dengan cacti .
12.       Kemudian masukkan User name dan Password,Username = admin dan Password = admin (penentuan password sesuai dengan user),seperti gambar berikut:
 
13.      Setelah konfigurasi dan Login sukses mulailah menggunakan CACTI

 
14.      Selanjutnya pada menu yang console yang ada dibagian samping kanan dari halaman awal CACTI ini pilih menu Device, setelah menu Device ini di-klik maka akan muncul tampilan halaman sebagai berikut:

 
15.      Pada bagian kanan atas dari halaman device tersebut klik add, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut:
 
Untuk penjelasan gambar adalah sebagai berikut:
°         Pada description isikan nama interface yang akan di monitor trafficnya (Contoh:Router).
°         Pada Hostname isikan IP dari interface tersebut, pada percobaan ini kita akan memonitor traffic dari router gateway dengan IP address 172.16.30.1.
°         Pada Host Template dipilih Generic SNMP-enable Host, Host Template ini menentukan tipe data apa yang ingin diketahui dari interface jaringan tersebut
°         Pada Downed Device Detection pilih SNMP.
°         Untuk Ping Timeout Value, isikan 400, artinya apabila router atau interface jaringan yang akan kita monitoring trafficnya tidak mengirimkan data dalam 400 s maka akan terjadi Timeout.
°         Ping Retry Count menunjukkan berapa kali proses Ping diulang apabila terjadi kegagalan dalam proses Ping sebelumnya.
°         Snmp Version menunjukkan versi SNMP yang digunakan
°         SNMP Community pilih PUBLIC atau sesuaia dengan parameter SNMP Ynag digunalkan.
°         SNMP Port menunujukkan port yang digunakan oleh SNMP yaitu port 161.
°         SNMP Timeout menunjukkan lamanya waktu sebelum terjadi Timeout apabila tidak ada data SNMP yang diterima, pada percobaan ini adalah 500s.
°         Selanjutnya pada halaman yang sama akan  ada tampilah jenis Querry data yang digunakan, pada percobaan ini digunakan tipe Karlet-Wireless Bridge Statistics, kemudian klik save.Berikut tampilan pilihan querry yang ada pada CACTI.

16.      Setelah proses pengisian interface yang akan dimonitoring selesai maka kan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, setelah itu pilih Create Graph For This Host
 
17.      Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian centang semua parameter yang ada,kemudian pada Graph Type pilih IN/OUT Bits, artinya kita akan memonitor traffic yang masuk maupun yang keluar router dengan parameter bit.
 
18.      Setelah proses diatas selesai maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, pada bagian paling kanan dari halaman tersebut pilih Graph Management.
 
19.      Setelah di klik graph management, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut, centang semua parameter yang ada kemudian di bagian Choose an Action dengan pilihan Place on A Tree (Default Tree), kemudian klik GO.
20.     Kemudian akan muncul tampilan berikut, klik continue untuk menempatkan grafik traffic yang akan dimonitor.
 
21.      Lakukan proses penambahan Graph Trees-nya, dengan cara memilih Graph Trees – Default Tree – Add,sebelum lihat graph nya, Setelah itu pilih
-Tree Item Type : Host
-Host : Pilih Trafik yang akan dimonitoring (Router Mikrotik), kemudian Create

Untuk dapat melihat Graph nya, pilih menu Graph, lalu akan muncul grafik nya sebagai berikut:
 
22.      Selesai dan Selamat Menikmati CACTI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar